musim hujan tiba, saatnya bersih2 kaca biar jarak pandang lega

Hendar Prasetyo Tips&Tricks 1 Comment

ERPIN says :

Musim penghujan tiba, jarak pandang menjadi hal yang penting dalam berkendara, apalagi disaat ujan.

jika kaca anda berminyak, penuh noda, saatnya bersih2, biar clingggggggg.

hayuk bangun pagi, singsingkan baju, coba cari minyak poles kaca, kalau gak mau repot ya kesalon. heheheh

yuks jangan sungkan untuk bersih2 kaca. keselamatan berkendara sangatlah penting.

1. Bersihkan kaca terlebih dahulu
Untuk memulai memoles, Jangan biarkan debu menempel dikaca mobil. Cuci bersih
Khusus untuk bagian kaca jangan menggunakan sampo mobil yang mengandung zat kimia, sabun, atau zat lain sejenis. Sampo yang mengandung zat kimia itu akan cepat menyerap ke dalam pori kaca. Akibatnya akan muncul flek atau noda jamur di permukaan kaca.

Setelah yakin kaca dan mobil  bersih, gunakan lap kanebo yang  bersih atau bisa pake washmitt.

2. Poles dengan benar

Setelah kaca benar-benar bersih dan kering, lakukan pemolesan. bisa menggunakan, alat poles elektrik atau dengan alat poles mekanik (pake tangan) hehehe,

Minimal tiga kain yang perlu Anda siapkan. Pertama, untuk mengoleskan zat pemoles. Kedua untuk mengelap, dan ketiga untuk membersihkan. (untuk beberapa merk pembersih kaca sudah ada paketnya) paket hemat dengan lap pembersih

“Lakukan pembersihan dengan gerakan searah, dan gerakan memutar kain saat membersihkan.
Obat atau zat pemoles khusus kaca bisa dibeli  di toko perlengkapan aksesori mobil, supermarket, asal jangan di matrial apalagi di tukang sayur ya om en tante, Saat ini terdapat berbagai merek dengan harga yang bervariasi.

3. Gunakan air tembakau

kalau gak mau pake  zat pemoles buatan pabrikan bisa menggunakan bahan tradisional, yaitu tembakau. dan kertas koran. Tetapi harus diingat, jangan menggunakan tembakau yang telah dijadikan rokok. Gunakan tembakau rajangan halus yang dijual di toko-toko.

Sebelum tembakau itu direndam di air pastikan tidak bercampur serpihan kasar. Hal itu dimaksudkan agar tak membaret atau menimbulkan luka di kaca saat tembakau digosokan ke kaca.

“Setelah itu baru direndam di air sekitar 15–20 menit. Kemudian guyurkan air tembakau itu ke seluruh bagian kaca dan gunakan tembakau untuk menggosoknya,

Lakukan penggosokan kaca dengan kain bersih yang dibasahi dengan gerakan seperti memoles. Ulangi cara itu beberapa kali hingga bersih.

4. Lakukan langkah pencegahan

Cek air air cadangan, kalau sidah kotor, kurasssss.

kalau mau tambahkan cairan pembersih silahkan tapi komposisinya yang pas antara cairan dan air, salah2 malah jadi kerak di semprotan airnya.

Hal lain yang juga harus Anda lakukan adalah mengganti karet wiper bila telah mengeras. Hal itu untuk mencegah kaca tergores kala wiper digunakan.

salam safety

ERCI PINTAR

 

Comments 1

  1. Rahmad Mame'

    Om Erpin, mo tanya ni….boleh ya…
    kira kira ni om, cairan pemoles apa y bagus?
    terus kalau pake tembakau, apakah ada efek sampingnya?
    Thanks om erpin, bravo erci….

Leave a Reply